UPACARA HARDIKNAS 2 MEI 2016 DAN IBADAH PERSIAPAN MENGIKUTI UN DI SMPK 7 PENABUR JAKARTA

Hari Pendidikan Nasional ini kita rayakan karena kita termasuk di antara yang sudah merasakan dampaknya. Maka pada bulan Mei ini, di mana Hari Pendidikan Nasional terletak, ayo kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu. Karena itulah pada tahun ini kita memilih tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita” sebagai tema keriaan Hari Pendidikan Nasional. Kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Mari kita perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan selama sebulan ke depan. Kita bayar balik apa yang telah kita dapatkan dari pendidikan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan, dan kita teruskan ikhtiar bersama ini. Kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan dan di bulan pendidikan ini, sapalah para pendidik kita dulu. Tanyakan kabarnya, ucapkan terima kasih dan tunjukkan apreasiasi pada mereka, para pendidik dan pejuang pendidikan. Lalu mari sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Melapangkan dan Maha Meninggikan, selalu.

Hal ini adalah merupakan sekelumit dari sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  Anies Baswedan dalam rangka Hardiknas 2016, dan dengan tekun siswa/i SMPK 7 Penabur melaksanakan upacara dilapangan SMPK 7 PENABUR bersama-sama dengan SMAK 4 PENABUR Jakarta.

Petugas Upacara dan Pembina Upacara adalah dari siswa dan Guru SMAK 4 PENABUR, tetapi tidak kalah tekunnya siswa/i SMPK 7 PENABUR mengikutinya dengan tekun dan hikmat.

Pembentukan karakter untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia adalah salah satu dari Tujuan Pendidikan kita di Indonesia dan hal ini sudah mulai kita terapkan di PENABUR dengan program PKBN2K, secara bersama dan menyeluruh hal ini adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, dengan Hardiknas 2016 kita kembali diingatkan bahwa tanggung jawab keakanan bangsa dan negara kita adalah dengan memperkuat bidang Pendidikan dan seluruh komponennya.

Pada saat yang bersamaan secara khusus untuk siswa/i Kls 9 SMPK 7 Penabur Jakarta juga diadakan Kbekatian / Ibadah bersama persiapan mengikuti UN yang akan dilaksanakan pada 9 – 12 Mei 2016. Ibadah dipimpin oleh Ms.Windry Aurora ( Guru BK SMPK 7 Penabur ) dengan penyampaian Firman oleh Pdt.Rony Nathanael.

Dalam renungannya Pdt. Ronny menyampaikan seperti apa Allah menyertai bangsa Israel menuju tempat yang telah dijanjikan demikian juga Allah yang kita percaya akan mendampingi dan menghantar anak-anak kami menuju tujuan yang telah Tuhan Allah perispakan, seluruh siswa dengan tekun mengikuti ibadah ini dan semoga mangaminkan seluruh firman Tuhan yang telah didengar.

Setelah Ibadah bersama seluruh siswa Kls 9 mendengarkan Penjelasan dan Pengarahan tentang pelaksanaan UN 2016 yang disampaikan oleh Ms.Kritiana Wigati ( Ketua UN 2016 SMPK 7 Penabur ) dan Ms. Nanik Suharini  ( Wakil Kurikulum SMPK 7 Penabur Jakarta ) dengan rinci dan jelas disampaikan tentang Tata Tetrtib Pelaksanaan UN dan persiapan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik.

Setelah Penjelasan tentang UN disampaikan, seluruh siswa kembali diajak untuk merenung sekaligus meningkatkan motivasi diri dengan secara bersama-sama menonton Film Motivasi, yang menceriterakan kisah seorang pemain Football di AS yang sukses yang diawali dari kehidupannya yang berantakan, keluarga yang berantakan sampai kepada kehidupannya yang dihargai dan di akui oleh sebuah keluarga, hal ini menggambarkan ketiaka seseorang memiliki motivasi tinggi dan kemauan yang luar biasa akan memampukan dirinya untuk hidup sukses, memahami kemampuan dan mengembangkannya adalah jalan yang terbaik menuju kesuksesan.

Dengan Ibadah dan Motivasi ini diharapakan seluruh Peserta didik SMPK 7 Penabur telah siap untuk mengikuti UN 2016……Tuhan memberkati…..

By : Joharmen Damanik

IMG_7832

Upacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016

IMG-20160502-WA0001

Kebaktian Persiapan UN kelas 9

IMG-20160502-WA0003

Tribun penonton film motivasi

IMG-20160502-WA0006

Saling mendoakan dalam menghadapi UN

IMG_7835