Membangun Mental dan Jiwa Kepemimpinan Lewat Paskibra

SMPK 7 PENABUR Jakarta melakasankan kegiatan Diklat dan Pengukuhan Paskibra pada tanggal 9 dan 10 November 2018. Kegiatan yang dilakukan di lingkungan SMPK 7 PENABUR ini diikuti oleh 16 peserta yang merupakan siswa kelas 7. Sementara itu, anggota Paskibra yang merupakan siswa kelas 8 dan 9 bertindak sebagai panitia dalam kegiatan didampingi oleh 4 guru dan 1 pelatih.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ibu Ruth I. Mahayati, S.Pd., M.M., selaku Kepala SMPK 7 PENABUR Jakarta. Dalam amanatnya, beliau berpesan agar peserta Paskibra dapat mengikuti kegiatan diklat dan pelantikan Paskibra ini dengan sungguh-sungguh. Selesai upacara pembukaan, peserta tetap berada di lapangan untuk mengikuti PBB. PBB kali ini dipimpin oleh Marvel, alumni Paskibra SMPK 7 PENABUR Jakarta. Peserta diajari bagaimana cara berbaris yang benar, mulai dari jalan di tempat, balik kanan, hadap, kanan, hadap kiri, dan sebagainya.

Kegiatan selanjutnya adalah games. Dalam games kali ini, peserta secara berkelompok diminta untuk memindahkan bola kecil menggunakan tali, dan menopang gayung air yang telah diisi air menggunakan kaki. Games tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan soliditas di antara kelompok. Keseruan terjadi dalam kegiatan ini. Kakak-kakak panitia dengan sengaja mengguyur peserta diklat menggunakan ember yang berisi air yang membuat permainan ini berjalan lebih sulit tetapi seru dan menyenangkan.

Ada hal menarik dalam kegiatan Diklat dan Pengukuhan Paskibra ini. Pada sesi makan, peserta tidak langsung duduk dan makan begitu saja, tetapi harus mengikuti peraturan yang ada. Peraturan yang diadopsi dari cara makan militer itu diawali dengan berbaris di pintu keluar. Setelah itu, secara berpasangan mereka berbaris dan melapor kepada kepala meja. Cara makannya pun unik. Mirip seperti table manner.  Peserta diharuskan untuk memposisikan duduk tegap, dan makanan yang sudah tersedia harus dihabiskan tanpa ada satu pun bulir nasi tersisa di piring mereka. Tujuan dari aturan makan ini adalah agar peserta dapat lebih menghargai dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.

Di sela-sela kegiatan diklat, diadakan pemilihan pengurus Paskibra Masa Bakti 2018-2019. Ada tiga kandidat calon Ketua Paskibra, yaitu Jeremiah Hinn, Zefanya Aurelia, dan Samantha Liora.

Proses pemilihan ketua dilakukan dengan cara voting. Berdasarkan hasil voting tersebut, Jeremiah Hinn mendapatkan perolehan suara terbanyak yang pada akhirnya menjadikan dia sebagai Ketua Paskibra Masa Bakti 2018-2019, dan didampingi oleh Samantha Liora sebagai wakilnya.

Berbeda dengan tahun lalu, Diklat dan Pelantikan Paskibra tahun ini meniadakan kegiatan di luar sekolah. Peserta pelantikan digembleng lebih keras lagi agar apa yang dilatih dan diajarkan dapat mereka pahami sepenuhnya. Peserta diajarkan cara baris-berbaris yang benar dan berlatih tata upacara bendera yang nantinya juga mereka terapkan dalam kegiatan upacara memperingati hari Pahlawan yang berlangsung Senin, 12 November 2018.

Selain dilatih bagaimana baris-berbaris yang benar, peserta diklat juga dilatih mengenai mental dan kepemimpinan. Kak Jimmie Prasetya, selaku pelatih Paskibra, mengajarkan kepada peserta bagaimana menjadi seorang anggota Paskibra yang sesungguhnya. Seorang anggota Paskibra haruslah menjadi pribadi yang memiliki mental yang kuat dan berjiwa pemimpin. Selain itu, seorang anggota Paskibra juga harus memiliki solidaritas yang baik, tidak hanya solidaritas di antara anggota Paskibra saja, tetapi juga solidaritas kepada masyarakat.

Pengukuhan anggota Paskibra baru dilaksanakan Sabtu, 10 November 2018 di lapangan SMPK 7 PENABUR Jakarta. Upacara pengukuhan dipimpin oleh Ibu Ruth I. Mahayati, S.Pd., M.M. Prosesi pengukuhan anggota Paskibra yang baru diawali dengan pembacaan ikrar oleh Kak Jimmie Prasetya yang selanjutnya diikuti oleh calon anggota Paskibra. Selanjutnya, peserta memgang bendera Merah Putih dan menciumnya sebagai tanda ikrar dan bakti mereka kepada Tanah Air. Prosesi pelantikan anggota Paskibra diakhiri dengan penyematan pin oleh Ibu Ruth I. Mahayati, S.Pd., M.M., dan Bapak FX. Dalu Pradhah Prasaja sebagai tanda mereka sudah menjadi anggota Paskibra SMPK 7 PENABUR Jakarta.

=====================

Oleh: ” FX. Dalu Pradhah P., S.Pd. “ (Guru Bahasa Indonesia dan Pembina Paskibra)

=====================