Kebaktian Persiapan PAT Semester Genap Tahun Pelajaran : 2017/2018

SMPK 7 PENABUR Jakarta, sebagai salah satu sekolah yang berkarakter Kristiani, pada hari Jumat, 18 Mei 2018, mengadakan Kebaktian persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Kebaktian diadakan di lapangan dalam. Kebaktian diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars BPK PENABUR dan Visi Misi BPK PENABUR.

Kebaktian diikuti oleh siswa-siswi kelas 7 dan 8 serta bapak/ibu guru. Pembawa firman adalah Pendeta Sugiharto, dari GKI Taman Aries. Bacaan Injil diambil dari Kitab 2 Tesalonika 3 : 1 – 15).

Berdoa dan bekerja

3:1Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu,

3:2dan supaya kami terlepas dari para pengacau dan orang-orang jahat, sebab bukan semua orang beroleh iman.

3:3Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

3:4Dan kami percaya dalam Tuhan, bahwa apa yang kami pesankan kepadamu, kamu lakukan dan akan kamu lakukan.

3:5Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.

3:6Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

3:7Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu,

3:8dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapapun di antara kamu.

3:9Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikuti.

3:10Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

3:11Kami katakan ini karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.

3:12Orang-orang yang demikian kami peringati dan nasihati dalam Tuhan Yesus Kristus, supaya mereka tetap tenang melakukan pekerjaannya dan dengan demikian makan makanannya sendiri.

3:13Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.

3:14Jika ada orang yang tidak mau mendengarkan apa yang kami katakan dalam surat ini, tandailah dia dan jangan bergaul dengan dia, supaya ia menjadi malu,

3:15tetapi janganlah anggap dia sebagai musuh, tetapi tegorlah dia sebagai seorang saudara.

Pendeta Sugiharto menyampaikan, bahwa ada 4 gambaran tentang MANUSIA :

  1. Manusia yang menuju neraka

Adalah orang  yang apatis, orang yang mati rasa dan yang dapat melakukan tindakan yang tidak berkemanusiaan.

  1. Manusia duniawi

Adalah orang yang terlalu sibuk dengan kegiatan dan dengan dunianya. Tuhan tidak dilibatkan sama sekali.

  1. Manusia yang kelihatannya saleh/suci

Adalah manusia yang lupa apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Hanya mengerjakan tugas spiritualnya saja.

  1. Manusia yang berdoa dan bekerja (Ora Et Labora)

Adalah bagaimana menjadi anak-anak Tuhan yang berdoa dan bekerja dan tetap mengandalkan Tuhan dalam apapun juga. Jangan merasa kuat dan sombong, karena manusia yang sombong akan jatuh sendiri.

Pendeta Sugiharto mengingatkan kepada siswa-siswi bahwa di dalam doa ada : iman dan keyakinan  serta pengharapan.  Maka, jadilah manusia yang berdoa dan bekerja.

 

By : PR1M4 (“Guru Bimtik“) P “S3V3N”