Diklat dan Pengukuhan Paskibra SMPK 7 PENABUR Jakarta

SMPK 7 PENABUR Jakarta melaksanakan Diklat dan Pengukuhan Paskibra Angkatan ke-6. Kegiatan yang dipimpin oleh Bapak Joharmen selaku PIC kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 4 – 5 Mei 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mendidik peserta calon anggota Paskibra yang selanjutnya apabila telah lulus mengikuti Diklat akan dinyatakan secara resmi sebagai anggota Paskibra SMPK 7 PENABUR Jakarta.

Diklat diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Ibu Ruth I. Mahayati selaku Kepala Sekolah SMPK 7 PENABUR Jakarta. Selanjutnya, peserta melaksanakan kegiatan PBB yang dipandu oleh Kak Jimmy Prasetya selaku pelatih Paskibra. Peserta diajarkan mengenai tata cara pengukuhan yang akan mereka laksanakan esok harinya. Peserta Paskibra tidak hanya dilatih baris berbaris saja, tetapi juga diajak bermain. Jadi, jangan anggap kegiatan Paskibra itu membosankan, tetapi juga ada hal yang mengasyikkan.

Kegiatan selanjutnya adalah makan malam. Tata cara makan di sini berbeda dari biasanya. Peserta tidak asal duduk dan makan, namun ada tata cara tersendiri, hampir mirip seperti table manner. salah satu contohnya, saat menyantap makan, siswa diharuskan duduk tegap. Uniknya juga, ketika akan duduk di kursinya masing-masing, peserta laki-laki harus mempersilakan peserta perempuannya untuk duduk terlebih dahulu.

Diklat yang dilaksanakan di SMPK 7 PENABUR tidak hanya belajar tentang praktiknya saja, melainkan juga diberi pengetahuan melalui penyampaian materi Kepaskibraan, seperti sejarah pembentukan Paskibra, dan bagaimana bisa menjadi anggota pengibar bendera di tingkat Nasional. Penyampaian materi ini diharapkan dapat membulatkan tekad para peserta untuk menjadi anggota Paskibra yang berkompeten.

Pengukuhan anggota Paskibra dilaksanakan di lapangan dalam SMPK 7 PENABUR. Upacara Pengukuhan dipimpin oleh Bapak Joharmen Damanik. Pengukuhan itu ditandai dengan mencium bendera Merah Putih oleh masing-masing anggota Paskibra, dan selanjutnya Bapak Joharmen bersama Bapak FX. Dalu, dan Ibu Stella menyematkan pin di dada kiri masing-masing anggota sebagai tanda mereka resmi menjadi anggota Paskibra Angkatan ke-6, SMPK 7 PENABUR Jakarta.

Setelah upacara Pengukuhan usai, anggota Paskibra melakukan kegiatan outdoor ke Monas. Di sana, mereka melakukan serangkaian permainan kelompok yang membutuhkan kerja sama yang baik. Permainan ini dimaksudkan agar anggota Paskibra dapat dilatih bagaimana bekerja sama sebagai tim, dan cara mendisiplinkan diri dan kelompok.

 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diharapkan dapat memperkokoh semangat juang anggota Paskibra, dan tetap memiliki jiwa nasionalis yang tinggi sebagai anak bangsa. Dan yang terutama adalah mengharumkan nama SMPK 7 PENABUR Jakarta dibidang Kepaskibraan.

Oleh: ” FX. Dalu Pradhah P., S.Pd. “