PELATIHAN 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE)

Hari Kamis, 3 Mei 2018, siswa-siswi kelas 8 SMPK 7 PENABUR, sebagai salah satu sekolah favorit di Jakarta Barat,  mengikuti Pelatihan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) bertempat di lapangan dalam. Kegiatan dimulai pukul 07.00 –  12.00 wib.

MC kegiatan adalah Bpk. Anwar Effendi. Kegiatan dibuka oleh doa yang dipimpin oleh Ibu Sri Lestari.  Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala SMPK 7 PENABUR, Ibu Ruth I. Mahayati. Beliau menyampaikan tentang    5K dan 1I, yaitu :

  1. Kepedulian
  2. Kebersihan
  3. Keindahan
  4. Kerapihan
  5. Kreatifitas
  6. Inovatif

  

Dilanjutkan dengan perkenalan 3 nara sumber :

  1. Bapak Andi Suhandi (dari Komunitas Gerak)
  2. Bapak Tas Djiwanto (dari Komunitas Kota) dan
  3. Bapak Munadi (dari Komunitas Gerak)

Nara sumber menginformasikan bahwa untuk kegiatan ini diberi tema membuat “burung merpati perdamaian” berbahan bubur kertas. Sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan. Jadi kertas-kertas yang sudah menumpuk dan tidak terpakai dapat di daur ulang (Recycle) atau digunakan kembali (Reuse).

Siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok. 1 siswa minimal membuat 10 burung merpati. Setelah burung merpati selesai dibuat, maka harus dijemur dibawah terik matahari agar kering. Untuk menambah semangat siswa-siswi, wali kelas juga ikut mendamping lho..Untuk membuat burung merpati sebanyak mungkin,  siswa-siswi harus dapat menjaga kekompakan kelasnya dan dapat bekerjasama satu dengan yang lain.   🙂

By : Pr1m4 (Guru TIK "P7")