Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2017

Hari Kamis, 10 November 2017, SMPK 7 PENABUR mengadakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Upacara diikuti oleh siswa/siswi kelas 7, 8 dan 9 serta bapak/ibu guru serta karyawan SMPK 7 PENABUR.

Petugas upacara    : tim paskibra SMPK 7 PENABUR dan

Pembina upacara  : Ibu Dwi Umiatun, S.Pd.

Setelah pengibaran bendera Merah putih yang diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan kegiatan pembiasaan, menyanyikan Mars BPK PENABUR dan Visi Misi BPK PENABUR.

Pada amanatnya Ibu Dwi menceritakan kilas balik di 10 November 1945.

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 

Dengan menelusuri kembali sejarah perjuangan bangsa, maka jelaslah bahwa Republik Indonesia yang diproklamasikan oleh Sukarno-Hatta pada tgl 17 Agustus 1945 adalah hasil jerih-payah, hasil aliran air-mata dan darah, hasil pengorbanan di penjara-penjara atau di tempat pembuangan Digul, yang disumbangkan oleh begitu banyak orang dari berbagai golongan masyarakat negeri ini.Singkatnya, 10 November 1945 adalah bentuk nyata tekad kolektif untuk membela Republik Indonesia (yang waktu itu baru berumur sekitar 3 bulan).

Siswa/siswi SMPK 7 PENABUR menyimak dan mendengarkan amanat yang disampaikan oleh Ibu Dwi. Besar harapan bahwa siswa/siswi sebagai generasi muda penerus bangsa mampu meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara belajar yang rajin dan mampu menguasai diri serta menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif. Tetaplah berkarya dan berprestasi ! ……. Setelah kegiatan Upacara Bendera selesai, dilanjutkan dengan renungan pagi bersama yang dipimpin oleh Bpk. Aldo.

(BY : “PR1M4”)