JAMBORE SMP KRISTEN PENABUR JAKARTA

                 Pada tanggal 12-13 Juni 2016, Siswa-siswi kelas 7 SMPK 7 PENABUR mengikuti kegiatan Jambore. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 7 se-SMPK BPK PENABUR.  Jambore se-SMPK PENABUR kali ini bertema Harmoni dalam keberagaman”. Jambore yang bertempat di Taman Mekarsari ini bertujuan meningkatkan wawasan dan keterampilan kepramukaan tanpa melupakan budaya kita sebagai bangsa Indonesia. Kegiatan Jambore kali ini diikuti oleh 2994 orang yang terdiri dari 2488 orang penggalang kelas 7; 273 Dewan Galang kelas 8; dan 233 orang pembina  peserta yang berasal dari 18 sekolah di Lingkungan PENABUR.

                  Berbagai acara telah disusun oleh Panitia Jambore yang kali ini dipimpin oleh SMPK 7 PENABUR. Sesuai dengan temanya, setiap sekolah mendapat tugas untuk menyajikan acara sesuai nama daerah yang diundi. Acara-acara tersebut dikemas di tiap-tiap Kampung. Ada 18 budaya daerah yang ditampilkan oleh 18 sekolah, antara lain Papua, Bengkulu, Maluku, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

                  Setiap kampung juga menyajikan keterampilan kepramukaan dan  5 kegiatan budaya, antara lain belajar tarian, Permainan Tradisional, Makanan khas, Games keakraban, dan keterampilan kepramukaan. Keterampilan kepramukaan yang dipelajari selama Jambore ini antara lain Pioneering, Kompas, Semaphore, LKBB, Anekas Sandi, Melukis Panorama,  dan PPPK.

                  Acara hari pertama, Senin, 12 Juni 2017. Setelah proses regristasi para peserta menuju lapangan untuk mengikuti Upacara Pembukaan. Dalam kesempatan tersebut, Kak Adri Lazuardi selaku Ketua BPK PENABUR berkenan membuka acara Jambore Penabur dengan menerbangkan burung merpati. Petugas upacara kali ini berasal dari SMPK PENABUR Kota Wisata dan dimeriahkan dengan sajian tarian dari siswa SMPK 7 PENABUR dan SMPK PENABUR Bintaro, serta Demo Paskibra dari siswa SMPK 1 PENABUR.

                  Acara hari pertama ini dilanjutkan dengan aktivitas kunjungan siswa ke kampung lain sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan oleh panitia yang berlangsung hingga Apel sore yang dipimpin oleh SMPK PENABUR Gading Serpong. Dalam kesempatan tersebut diserahkan sumbangan buku dari para peserta Jambore untuk Perpustakaan Sumber Ilmu di Cidokom, Cisarua. Setelah Apel sore, para peserta dipersilahkan untuk membersihkan diri dan makan malam. Acara berikutnya dilanjutkan dengan Talent Show dari masing-masing sekolah. Berbagai talent yang ditampilkan antara lain, vocal grup, tari daerah, modern dance, Flashmob, dan band. Acara hari pertama diakhiri dengan renungan malam.

                  Acara hari kedua, Selasa, 13 Juni 2016 dibuka dengan Apel pagi yang dipimpin oleh siswa SMPK 6 PENABUR dilanjutkan dengan aktivitas kunjungan kampung ke-3. Setelah itu acara ditutup dengan Upacara Penutupan yang dipimpin oleh Kak Gema selaku Pengurus bidang Pendidikan PENABUR. Petugas upacara kali ini berasal dari SMPK 5 PENABUR dan ditampilkan tarian penutup dari siswa SMPK 4 PENABUR. Setelah itu semua peserta Jambore pun pulang ke tempat masing-masing.