PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) SERTA PENGUKUHAN PASKIBRA SMPK 7 PENABUR JAKARTA

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) SERTA PENGUKUHAN

PASKIBRA SMPK 7 PENABUR JAKARTA

10 – 11 MARET 2017

Paskibra merupakan salah satu jenis ekstrakurikuler yang dimiliki oleh SMPK 7 PENABUR. Setiap kali SMPK 7  mengadakan upacara, Tim ini biasanya mengemban tugas sebagai petugas upacara, dan bertanggung jawab atas berlangsungnya kehikmatan jalannya upacara dari awal hingga selesainya kegiatan upacara.

Puncak dari ekstrakurikuler yang selama ini berlangsung dapat diujikan dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Paskibra, dimana siswa/I peserta Diklat harus melalui serangkaian ujian berupa : Tata cara makan yang sesuai dengan etika dalam kepaskibraan, materi kepaskribaan dan lain sebagainya. Setelah itu, puncak yang paling ditunggu-tunggu adalah Pengukuhan/Pelantikan peserta diklat Paskibra yang ditandai dengan penyematan Pin merah putih dan lambang Garuda yang berarti siswa tersebut sudah dilantik. Serangkaian ujian yang penuh tantangan menjadi sangat bernilai dan bermakna didalam Pengukuhan tersebut. Sungguh perjuangan yang tidak sia-sia.

Diklat Paskibra SMPK 7 dilaksanakan pada tanggal 10-11 Maret 2017. Total peserta kelas 7 dan 8 sebanya 14 orang siswa, 5 orang siswa senior, 2 pelatih, dan 3 orang panitia sekaligus Pembina Paskibra. Pembukaan diawali dengan apel pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan mandi, istirahat, dan praktik tentang tata cara mengkonsumsi makanan sesuai dengan etika Kepaskibraan, dilanjutkan kembali dengan materi Kepaskibraan. Keesokan harinya siswa/I mengikuti olah raga pagi bersama, dan dilanjutkan dengan sarapan sehat berupa telur dan susu, sambil diselingi materi tentang tata cara membuka cangkang telur dengan baik. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk beristirahat dan mandi, dan dilanjutkan dengan makan pagi. Pemilihan pengurus mulai dari ketua, wakil, sekretaris, hingga bendahara juga menjadi agenda penting dalam kegiatan ini. Berikutnya adalah pelatihan baris berbaris dan sedikit games untuk mengurangi kejenuhan dan kelelahan peserta sebelum menghadapi acara puncak yaitu Pelantikan/Pengukuhan Tim Paskibra SMPK 7 PENABUR.

Dari kegiatan diklat ini diharapkan peserta dapat lebih disiplin, tertib, terlebih dapat menanggung beban yang telah disematkan dalam pelantikan, yaitu beban rasa tanggung jawab bahwa kami adalah tim Paskibra SMPK 7 yang harus mencerminkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan etika Kepaskibraan.

Apel Pembukaan Diklat

Apel Pembukaan Diklat

Mengkonsumsi Makanan Dengan Etika Kepaskribraan

Materi Kepaskibraan

Olah Raga Pagi

Sarapan Sehat (Telur+Susu)

Pemilihan Kepengurusan

Materi PBB

Games

Pengukuhan

Pengukuhan

Pengukuhan

Pengukuhan

Penyematan Pin Merah Putih

Penyematan Pin Merah Putih

Pengukuhan