PENDIDIKAN DAN LATIHAN ( DIKLAT ) DAN PENEGUHAN PASKIBRA SMPK 7 PENABUR JAKARTA ANGKATAN KE-3

“Langkah tegap maju…jalan! Henti…gerak!” Aba-aba tersebut sering kita dengar saat pasukan pengibar bendera (Paskibra) menjalankan tugasnya mengibarkan bendera merah putih pada saat upacara bendera. Menjadi anggota paskibra (pasukan pengibar bendera) bukanlah hal mudah dan tak semudah yang kita bayangkan. Selain harus memiliki kesiapan fisik dan mental, ada berbagai gemblengan yang harus dilalui untuk bisa terjun di dalamnya. Mengapa harus begitu? Karena mereka inilah yang mengemban tugas mulia dalam rangkaian prosesi upacara yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan para pahlawan  meraih kemerdekaan Indonesia puluhan tahun silam.

PASKIBRA secara umum memang sudah dikenal, hampir seluruh sekolah memiliki satuan paskibra. SMP hingga SMA/sederajat bahkan di SD juga sudah dilatih keterampilan baris berbaris dan tata cara upacara bendera. Pada kesempatan yang sangat baik tanggal 29-30 Januari 2015, satuan PASKIBRA SMPK 7 Penabur Jakarta melaksanakan diklat dan pelantikan/peneguhan angkatan  PASKIBRA yang baru kelas 7 dan 8 (angkatan ke-3), serta pelepasan angkatan PASKIBRA lama yang sekarang sudah kelas 9 karena mereka harus fokus untuk persiapan Ujian Nasional. Selama dua hari satu malam mereka digembleng dan mendapatkan materi-materi mengenai sejarah paskibra, sejarah bendera, serta materi-materi lainnya yang tentunya ada hubungannya dengan paskibra.  Pada hari kedua mereka bangun pagi lalu olahraga dilanjutkan sarapan dan latihan baris berbaris di lapangan.

Baris berbaris menurut definisi merupakan suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab, serta membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Dari baris berbaris ini diperoleh sikap lahir dan batin, sikap lahir mulai dari ketangkasan, kelincahan, kerapian, ketertiban, kekompakan, keseragaman, kesigapan, dan keindahan. Sedangkan sikap batin ada ketegaran, ketenangan, ketaatan, keikhlasan, kesetiakawanan, kebersamaan, keberanian, kekuatan, konsentrasi, kebiasaan, dan berani berkorban. Tidak hanya baris berbaris, dalam latihan paskibra juga diajarkan tata cara pengibaran bendera. Beragam perolehan sikap ini ternyata membawa perubahan yang besar bagi setiap siswa/siswi yang masuk dalam anggota PASKIBRA.

Theodora, Bunga dan Cathleen misalnya kini tidak lagi manja. Ketiganya bahkan memiliki kekuatan fisik dan berani karena ditempa selama latihan menjadi anggota paskibra oleh pembina dan tim pelatih yaitu; Bpk. Joharmen Damanik, kak Devi, kak Della, dan kak Ronaldo. Saat apel pembuka pak Joharmen Damanik menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan diklat secara resmi. Saat apel penutup dan peneguhan beliau jg menyampaikan bahwa sungguh terharu dengan terlaksananya kegiatan tersebut serta dengan keseriusan siswa-siswi dalam mengikuti setiap rangkaian acara diklat dan peneguhan  anggota paskibra degan baik, “nilai terbesar yang harus dimiliki oleh anggota paskibra adalah disiplin, jiwa besar, dan rela berkorban serta cinta tanah air,” demikian beliau sampaikan diakhir sambutannya.

Pada akhir diklat kak Devi selaku pembina dan pelatih paskibra SMPK 7 Penabur mengumungkan pengurus terpilih untuk kepengurusan tahun 2016-2017 dengan susunan sebagai berikut:

No Nama Jabatan
1 Michael Aditya Kurniawan Ketua
2 Kevin Kaliman Wakil ketua
3 Vamela Virginia Sekretaris
4 Hillary Debora Wakil sekretaris
5 Bunga Lily Cahaya Bendahara
6 Cathleen Adeline Wakil Bendahara

 

Michael Aditya Kurniawan kelas 8B sebagai ketua PASKIBRA yang baru menyampaikan bahwa ternyata seorang anggota PASKIBRA itu tidak hanya dituntut kuat dalam fisik, mental, memiliki kecerdasan, tetapi juga harus kreatif dan multi talenta. Jika latihan harus mandiri dan tidak harus disuruh-suruh. “Kalau latihan jangan disuruh dulu baru latihan. Jika tidur harus tahu waktu bangun, disiplinlah intinya” ucapnya.

Dia mengaku, dari seluruh rangkaian Diklat menjadi anggota  PASKIBRA ternyata semua materi yang diberikan sangat bermanfaat, menambah pengetahuan dan berkesan. Sukses untuk kepengurusan PASKIBRA SMPK 7 Penabur yang baru, jaya terus satuan PASKIBRA SMPK 7 Penabur Jakarta.

-Bowo, SMPK 7 Penabur Jakarta-

PASKIB I PASKIB III PASKIBIMG_3996IMG_4107IMG_4200IMG_3850IMG_3845IMG_3792